• Paket Wisata Kampung Kopi Jatiarjo
  • Coffe explorer

Paket caffe explorer  ini di awali traking menuju kebun kopi dengan berjalan kaki. Rute perjalanan melewati kampung rumah-rumah penduduk  dan ladang milik warga setempat, disini pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para petani sehingga memberikan kesempatan lebih luas mengenal dan  memahami pola-pola komunikasi petani secara alamiah. Setibanya di perkebunan kopi banyak aktifitas yang bisa di lakukan seperti pengamatan jenis-jenis kopi, perawatan dan cara memproduksi kopi yang baik.

Pada umumnya pohon kopi dalam satu tahun hanya sekail panen yang masanya kurang lebih satu bulan baru habis. Jjika kebetulan pengunjung datang pada saat waktunya mulai panen maka pengunjung biasa merasakan panen kopi langsung dari pohonnya.

Prosesi panen kopi tidak hanya memetik buah kopi. Tapi disini pengunjung juga akan di ajari bagaimana memilih buah kopi yang siap untuk di panen hingga menghasilkan kopi kwalitas baik. Dari beberapa biji kopi yang sudah di panen oleh pengunjung selanjutnya akan di praktekkan bagai mana mengolah buah kopi menjadi biji kopi pilihan yang siap untuk di olah menjadi kopi kualitas baik.

Kopi kualitas baik itu bijinya berbentuk sempurna, warnanya tidak lembek dan aromanya juga khas. Selanjutnya pengunjung akan di ajak bagaimana menggoreng biji-biji kopi terbaiknya. Disini biji kopi akan di goreng atau diproses secara tradisional dengan menggunakan gerabah tembikar yang di panggang diatas tungku dan perapian dari kayu bakar. Proses ini atau lebih di kenalnya dengan proses kopi kreweng.

Menyangrai kopi ada seninya, bagaimana dalam waktu 12-15 menit proses sangria harus terus di aduk, dibolak-balik menggunakan sutil (spatula) tidak boleh berhenti. Saat biji kopi menjelang matang , pengadukan membolak-balikkan biji kopi di gerabah tembikar harus semakin cepat.

Saat menyangrai kopi, bila kopi sudah matang akan terlihat biji kopi gelap merata dengan aroma yang kuat. Saat sudah matang kopi harus segera di ambil dari gerabah tembikar di pindah ke tampah, didinginkan dengan cepat dengan menampi dan mengipasinya.

Langkah selanjutnya adalah membubuk biji kopi sampai menjadi bubuk kopi dengan di tumbuk menggunakan lumping, alat tumbuk tradisional. Setelah di tumbuk bubuk kopi di saring dengan ayakan kopi untuk memilahkan antara bubuk kopi yang halus dan kasar. Untuk membayar rasa lelah setelah berkejibun dengan kopi dan ngereweng selanjutnya bagaimana menikmati seduhan kopi karya olahan tangan dan kerja kerasnya sendiri.

Berminat mencoba explor kopi menikmati serta merasakan secara nyata dan peraktek langsung pilihannya adalah paket wisata kampong kopi kopi explorer.

  1. Tour Coffe

Tour Coffe adalah paket petualangan  jelajah menikmati suasana alam, hutan, pedesaan penyegaran dengan suasana kopi.

  1. Journey Java Arjuna Mountain Coffe

Gunung arjuna merupakan gunung tertinggi kedua di jawa timur dengan 3.339 Mdpl. Posisi bagian timur kecamatan prigen lereng gunung arjuna terhampar luas kebun kopi di atas ketinggian 1.000- 1.5000 dengan seluas 360 Ha lahan hutan bagian atministrasi desa jatiarjo.

Paket wisata jouney java arjuna mountain coffe  menawarkan paket tour menuju hutan perkebunan kopi hak kelola warga masyarakat jatiarjo yang posisinya ada di hutan lereng arjuna bagian timur. Perjalanan di mulai dari desa jatiarjo menuju kebun kopi dengan menggunakan fasilitas jeep tracking yang memanfaatkan jasa transportasi warga lokal sebagai wujud penguatan ekonomi pedesaan.

Rute melewati jalan desa dan akses jalan menuju hutan sebelah barat wahana objek wisata taman safari Indonesia II prigen. Selama dalam perjalanan menuju perkebunan pengunjung akan di manjakan pemandangan-pemandangan indah perkebunan masyarakat yang di kelola dengan system tumpang sari. Serta rindangnya di bawah pohon pinus dan terpaan angin sepoi-sepoi sepanjang perjalanan.

Dari atas ketinggian sembari mata memandang kebawah pemukiman dan hiruk pikuk perkotaan terlihat jelas bertata dan berbaris serasa lukisan dalam bidang kanfas bias kita nikmati keindahannya. Perjanan ini tidak hanya menawarkan keindah alam saja, dalam sepanjang perjalan sangat banyak sekali khazanah keagungan tuhan yang harus kita sukuri sebagai nikmat tuhan yang tiada tara bagi makhluknya di muka bumi.

Sesampainya di perkebunan kopi tidak kalah menariknya lagi, karna banyak aktifitas yang bisa di lakukan di sini. Apalagi sambutan para petani hutan dengan ramah tamahnya dan juga hidangan makanan ala hutan seperti ketela rebus, pisang kukus dan kopi trubruknya yang biasa dihidangkan sebagai sambutan selamat datang.

Usai menikmati sajian ucapan selamat datang ini pengunjung dapat menikmati keindahan alam pegunungan lereng Arjuna di atas ketinggian. Sebagai awal aktifitas pengunjung bisa mengambil spot angel untuk berphotoria sembari mengabadikan momen keindahan di tengah kebun kopi lereng arjuna.

  1. Journey Java arjuna village coffe

Seorang awam yang untuk pertama kali mempelajari sosiologi, sesungguhnya secara tidak sadar telah mengetahui sedikit sosiologi. Selama hidupnya, dia telah menjadi anggota masyarakat dan sudah mempunyai  pengalaman-pengalaman dalam hubungan  atau hubungan antar manusia.

Journey java village coffe adalah pilihan paket yang tepat bagi wisatawan yang ingin berlama-lama ingin merasakan hidup sementara didesa dengan durasi waktu yang di inginkan. Dengan memilih live in di desa serta mengambil paket ini yang kita sajikan, dengan dalam bentuk sosiologi pedesaan.

Dalam paket ini wisatawan bisa mengajukan beberapa permintaan tentang apa yang ingin untuk di kaji sebagai bahan yang akan menjadi rujukan risetnya. Dan kami akan menyiapkan referensinya sebagai objek penelitiannya. Kopi menjadi maskot, sebagai unggulan kami karna kopi adalah bagian dari kehidupan sosial masyarakat desa jatiarjo. Selaras kolaborasi ini membangun kerja sama antar wisatawan dengan penduduk lokal dengan mengutamakan pelestarian lingkungan hidup untuk mengatasi perubahan iklim dan penguatan perekonomian pedesaan.

  • Educoffe

Banyak yang bisa di pelajari dari kopi, pepatah bilang “andai semua putih maka tidak ada secangkir kopi hitam”  yang dapat  kita nikmati sepahit rasanya dan semanis sensasinya. Edukopi adalah pilihan paket program edukasi yang kita sesuaikan dengan kebutuhan pelajar mulai tngkat sekolah dasar dan sekolah menengah atas ataupun umum.

Edukopi ini banyak mengajak pengunjung lebih mengenal alam dan kelestarian lingkungan hidup dengan metodelogi bermain dan belajar yang di kemas dengan kopi. Paket program ini bertujuan mengenalkan kebun-kebun kopi petani yang di kelola dengan lestari supaya bisa menghasilkan biji kopi bermutu prima di kemudian hari. Bagi anak-anak sekolah banyak sekali yang bisa di dapatkan dari progam paket ini tentang kopi. Mulai dari pemilihan benih, pembibitan, penanaman, perawatan, pemanenan, membedakan jenis tanaman kopi dan bagaimana pengolahan hasil pasca panen. Di sini juga akan di praktekkan bagai mana pengolahan kopi dengan cara tradisional dan modern sehingga sepulangnya dari sini siswa juga dapat mempraktekkan di rumahnya.

Selanjutnya menikmati hasil olahan kopi dengan seduhan dan kreasi tangannya sendiri memilih cara tradisional maupun modern.

  1. Tafsir Kopi

Sudah menjadi hukum alam  bahwa kebutuhan hidup tidak pernah berkurang namun akan selalu bertambah. Berkaitan dengan hal ini  di sadari bahwa ketersediaan sumber daya tidak meningkat mengikuti peningkatan kebutuhan terhadapnya. Dengan demikian maka terdapat kecenderungan penurunan ketersediaan sumber daya seiring dengan peningkatan kebutuhan terhadap sumber daya yang bersangkutan.

Manusia adalah makhluk yang “memiliki kemampuan berfikir”. Dengan kemampuan itu kemudian manusia sadar bahwa untuk kelangsungan jenisnya perlu di adakan pengawetan sumber daya pendukung. Maka dari itu wisata kampong kopi jatiarjo hadir dengan paket progam tafsir kopi.

Paket progam tafsir kopi ini mengajak para akademisi untuk mengaktualisasikan keilmuannya dan sinergi dengan para petani untuk mentransformasikan pengetahuanya. Maka di sini di harapkan adanya peningkatan kapasitas kemampuan dan pengembangan masing-masing.

Banyak misteri yang belum terungkap dari keagungan Gunung Arjuna mulai dari cerita-cerita nenek moyang, dongeng dan kabar/informasi yang trus berkembang yang lahir di pusaran kilas cerita arjuna. Baik dari sudut pandang sosiologi, antropologi, arkeologi dan dari artefak bukti peninggalan kesejarahan yang tersebar di lereng-lereng  Gunung Arjuna. Termasuk cikal bakal tanaman kopi yang menjadi pionir, dan hingga sampai saat ini masih di budidaya dan di tanam oleh warga masyarakat jatiarjo ini merupakan bawaan dari bangsa belanda di jaman jajahannya.

Tafsir kopi adalah bagian dari sekelumit misteri yang akan semakin menarik jika para akademisi bersedia mulai membuka tabir-tabirnya dengan ilmu risetnya. Sebagai seorang peneliti biasa juga membutuhkan durasi yang cukup panjang di sini wisata kampung kopi juga tersedia home stay yang sementara bisa di jadikan tempat tinggal sesuai durasi waktu yang di inginkan.

Menu pilihan paket lain

NO Nama paket Aktifitas / Kegiatan
1 Kreasi  olahan pasca panen

·         Kopi

·         Keripik

·         Kue

·         Herbal tea

Butani adalah produk olahan makanan yang di kreasikan oleh para ibu-ibu pkk jatiarjo. Dan juga di jadikan oleh-oleh khas desa sebagai camilan yang di produksi tanpa mengunakan bahan pengawet dan tambahan bahan kimia apapun karna ini camilan sehat. Pengunjung juga dapat berkunjung kerumah produksinya langsung sembari sambil belajar dan pulangnya membawa oleh-oleh hasil karyanya sendiri.
2 Berkuda Berkuda merupakan paket jalan-jalan melewati perkampungan sembari merasakan swasana alam pedesaan. Dan juga akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan kopi yang di budi dayakan warga loKal.
3 Pertanian organik Budi daya sayur organic sudah di geluti warga masyarakat jatiarjo semenjak mulai tahun 2004. Di sini pengunjung bisa belajar langsung tentang bertani sayur secara organic. Mulai dari belajar pembenihan, pembibitan, penanaman, pemupukan hingga pengolahan tanah yang baik. Sebelum pulang bisa panen sayuran untuk oleh-oleh di bawa pulang
4 Napak tilas Banyaknya petilasan-petilasan yang berada di lereng-lereng arjuna sangat menarik untuk di jelajahi. Selain bisa menikmati keindahan alam juga secara tidak langsung belajar tentang sejarah.
5 Susur sungai Bagi yang suka tantangan traking menyusuri sungai bisa di coba namun di sini kita tidak hanya jalan-jalan melewati sungai saja melainkan kita juga akan belajar indicator kwalitas air dengan explorasi habitat binatang air di sepanjang jalur sungai.
6 Anyaman Menganyam adalah keahlian sebagian warga masyarakat jatiarjo di sini pengunjung bisa belajar langsung dan bisa membawa pulang hasil karyanya sebagai souvenir oleh-oleh.

Ada dua bahan yang di gunakan untuk menganyam yaitu bambu dan kain perca. Untuk perca hasil dari anyamannya berbentuk barang alas lantai/keset.

7 Gamelan Gamelan adalah alat music tradisional khas jawa. Disini pengunjung akan diajak bermain alat music ini sembari menikmati lantunan music dan dalam waktu beberapa jam pengunjung di pastikan bisa memainkan iramanya sesuai notasi yang edang di pelajari.
8 Pencak silat Untuk menjaga warisan tradisi serta menjaga keberlangsungannya maka atraksi pencak silat ini juga kita tawarkan kepada pengunjung untuk sebagai pelatihan kelas pendek untuk berlatih pencak silat
9 Filage tour Filage tour ini merupakan paket program kegiatan jelajah desa dan belajar dari disa untuk mengetahui bagaimana kehidupan di desa. Baik social,budaya dan ekonomi masyarakat pedesaan.
10 Batik Adalah paket progam keterampilan yang merupakan warisan budaya yang adi luhung bisa juga pengunjung atau wisatawan untuk mencoba dan membuat batik sesungguhnya.