Sudah menjadi hukum alam bahwa kebutuhan hidup tidak pernah berkurang namun akan selalu bertambah. Berkaitan dengan hal ini di sadari bahwa ketersediaan sumber daya tidak meningkat mengikuti peningkatan kebutuhan terhadapnya. Dengan demikian maka terdapat kecenderungan penurunan ketersediaan sumber daya seiring dengan peningkatan kebutuhan terhadap sumber daya yang bersangkutan.

Manusia adalah makhluk yang “memiliki kemampuan berfikir”. Dengan kemampuan itu kemudian manusia sadar bahwa untuk kelangsungan jenisnya perlu di adakan pengawetan sumber daya pendukung. Maka dari itu wisata kampong kopi jatiarjo hadir dengan paket progam tafsir kopi.

Paket progam tafsir kopi ini mengajak para akademisi untuk mengaktualisasikan keilmuannya dan sinergi dengan para petani untuk mentransformasikan pengetahuanya. Maka di sini di harapkan adanya peningkatan kapasitas kemampuan dan pengembangan masing-masing.

Banyak misteri yang belum terungkap dari keagungan Gunung Arjuna mulai dari cerita-cerita nenek moyang, dongeng dan kabar/informasi yang trus berkembang yang lahir di pusaran kilas cerita arjuna. Baik dari sudut pandang sosiologi, antropologi, arkeologi dan dari artefak bukti peninggalan kesejarahan yang tersebar di lereng-lereng Gunung Arjuna. Termasuk cikal bakal tanaman kopi yang menjadi pionir, dan hingga sampai saat ini masih di budidaya dan di tanam oleh warga masyarakat jatiarjo ini merupakan bawaan dari bangsa belanda di jaman jajahannya.

Tafsir kopi adalah bagian dari sekelumit misteri yang akan semakin menarik jika para akademisi bersedia mulai membuka tabir-tabirnya dengan ilmu risetnya. Sebagai seorang peneliti biasa juga membutuhkan durasi yang cukup panjang di sini wisata kampung kopi juga tersedia home stay yang sementara bisa di jadikan tempat tinggal sesuai durasi waktu yang di inginkan

[Admin Wisata Kopi]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *