Pujon Kidul adalah desa wisata yang sudah dikenal di nasional untuk pemberdayaan masyarakat nya yang mampu menyerap tenaga kerja dari semua elemen masyarakat desa yang dikarantina di lembaga “Karang Taruna”. Metode penyaringan tenaga kerja ini menurut kita para Pokdarwis enam desa dari kabupaten Pasuruan yang dikirim oleh Komunitas Averroes sangat lah bagus, karena menjadi pelaku Wisata harus melalui berbagai tahapan antara lain harus bisa membangun jiwa sosial kemasyarakatan dan bisa berkomitmen dengan apa yang akan dilakukan untuk keberlanjutan wisata desa.

img-20180217-wa0000596592890.jpg

Ada sesi materi yang disampaikan oleh Cak Anas Taufik selaku sekretaris Pokdarwis Capung Alas desa Pujon kidul ini yang berdurasi sekitar 3 Jam. Dimulai jam 20:00-23:30 di gedung Paud Pujon belakang Balai desa mengupas tentang Sapta Pesona . Yang terdiri dari tujuh Pilar penting pengembangan pariwisata antara lain:

1. Aman

Memberikan lingkungan dengan rasa tenang, bebas dari rasa takut dan kecemasan bagi wisatawan .

Menciptakan kondisi guyup rukun di internal kelompok sadar wisata dan lembaga desa yang lain dan seluruh masyarakat.sehingga terbangun sikap gotong royong untuk membangun sebuah desa Wisata.

2. Tertib

Mewujudkan lingkungan dan layanan perilaku disiplin,kualitas fisik dan pelayanan teratur sehingga memberikan kepastian rasa aman kepada wisatawan yang datang ke desa.

Berusaha meningkatkan tata tertib di administrasi,tertip anggaran dan dan tertib dianggota Pokdarwis untuk menunjang kegiatan pariwisata desa.

3. Bersih

Mewujudkan kondisi lingkungan yang bersih rapi karena diapariwisa yang diwajibkan adalah kebersihannya

4. Sejuk

Menciptakan kondisi lingkungan mencerminkan keadaan yang sejuk dan teduh yang diberikan kepada wisatawan

5. Indah

Memberikan kondisi lingkungan yang menggambarkan keindahan dan kenangan yang diberikan kepada wisatawan agar memberikan pesan dan kesan dan kepuasan berwisata desa

6. Ramah

Menciptakan kondisi lingkungan yang bersumber dari sifat masyarakat tentang pelayanan dan sikap untuk menyambut wisatawan.

7. Kenangan

Memberikan eksotika kenangan berupa fisik dan non fisik . Bisa dibilang foto foto dan sebuah souvernir. Yang diberikan kepada wisatawan.

Dari materi itu juga menjelaskan tentang fungsi Pokdarwis , visi misi. Dan struktur organisasi lebih mengarah kepada job dis dan bagaimana mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa wisata desa itu membutuhkan sentuhan sentuhan untuk mendatang kan wisatawan. Oleh karena itu poin penting dalam pengembangan pariwisata adalah. “komitmen, edukasi, dan. Atitudnnya..

@Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *