Malang,(09/12/18) Dusun Tonggowa desa Jatiarjo Kecamatan Prigen adalah salah satu desa di lereng Gunung Arjuna yang memiliki beraneka ragam wisata. Salah satu dari wisata di Desa Jatiarjo Kampung Kopi, Situs Watu Kurung, Goa Cempaka, Sumur Belanda dan Life in.

Berbagai macam wisata itu tentunya harus memiliki Guide yang mumpuni dan  ahli pada bidang kepariwisataan. Turis-turis baik turis international maupun turis domestik yang ingin mengetahui tempat-tempat wisata domestik yang terdapat di dusun Tonggowa desa Jatiarjo akan mendapatkan pelayanan yang khusus dari para guide, tentunya dari guide tersebut bukanlah dari sarjana ataupun lulusan dari sekolah kepariwisataan akan tetepi dari para pemuda-pemudi yang terdapat di dusun tonggowa.

Uniknya para pemuda-pemudinya bukanlah lulusan dari sekolah kepariwisataan akan tetapi lulusan dari MTs (Madrsah Tsanawiyah) yang tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Akan Tetapi pemuda-pemudi mempunyai keahlian dari Kelas Wisata Kampung Kopi yang dilakukan setiap Senin Malam Selasa tepatnya di Bale Dusun Tonggowa Desa Jatiarjo. Kelas Wisata Kampung Kopi Mulanya di dirikan pada tanggal 4 Desember 2017 dengan Pemateri Cak Khoir yang sudah mendalami dalam bidang kepariwisataan sejak beliau muda dan pak TJ sebagai Moderatornya.

Tujuan dari dibukanya Kelas Wisata Kampung Kopi adalah untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para wisatawan, untuk memberikan peluang Kerja pada pemuda-pemudi desa tidak bisa melanjutkan sekolah agar mempunyai keahlian di bidang kepariwisataan, sehingga dari pemuda-pemudinya menjadi produktif dan kreatif walau hanya lulusan MTs/SMA sederajat.

Menjadikan pemuda-pemudi zaman NOW bisa menjadi tolak ukur Desa menjadikan generasi Zaman NOW produktif bisa mengembangkan desanya menjadi tempat destinasi wisata. (dz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *