Salah satu tempat berwisata di jatiarjo yang wajib di kunjungi.Perkebunan kopi yang masih dimiliki dan dikelola oleh warga setempat ini memang masih sangat menarik.

IMG_7407

Wisata kampung kopi ini beralamatkan di desa jatiajo kecamatan prigen kabupaten pasuruan.

Seberapa menarik tempat wisata di jatiarjo yang berada di lereng gunung arjuna ini….? lanjutkan terus membaca uraian berikut ini.

GUNUNG ARJUNA

Gunung tertinggi kedua di pulau jawa.di lereng gunung inilah terhampar luas tanaman kopi yang menjadi kebun warga desa jatiarjo bagian prigen timur.

Untuk perkebunan kopi di desa jatiarjo ini,total  luasnya kurang lebih 380 ha.Dari total luas kebun kopi tersebut,360 ha adalah lahan hutan yang menjadi hak milik warga desa jatiarjo.sedangkan 20 ha adalah lahan kebun milik warga yang  tersebar di tiga dusun.

Sebagaian besar jenis kopi yang di tanam disini adalah kopi robusta,arabika dan ada sebagian kecil yang di tanami kopi nangka(liberrica).

Wisata Kampung  Kopi menawarkan :

#tour kebun kopi

Berjalan kaki di kebun kopi yang sangat menyenangkan. Kita akan di ajak menjelajah kebun untuk melihat seperti apa pohon kopi itu ,bagaimana merawat kopi dan sehingga menghasilkan buah kopi yang sempurna.

Sudah bertahun tahun orang hobi meminum kopi,tapi realitanya masih banyak orang yang belum pernah melihat seperti apa pohon kopi di alam.tak heran  tour keliling kebun kopi akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan,lengkap dengan berfoto selfi bersama pohon kopi.

#ngereweng kopi

Puas dengan menjelajahi kebun kopi,aktifitas selanjutnya adalah memproses kopi. Kita bisa menjajal proses pengolahan biji kopi mentah menjadi kopi matang dengan aktifitas sangrai kopi tradisional.

Proses sangrai kopi tradisional ini menggunakan  alat-alat sederhana yang terdiri dari wajan dari tembikar dan tungku dengan bahan kayu bakar,seperti halnya yang di lakukan oleh orang-orang kampung.kita akan di ajari bagaimana cara menyangarai kopi tradisional yang biasa di lakukan oleh warga setempat.

Bagaiman berminat untuk mencoba melakukan sebuah perjalanan untuk membuat secangkir kopi karya kita sendiri….?silahkan order sekarang juga paket wisata kampung kopi jatiarjo ,kampung kopi lereng arjuna ,tempat wisata di prigen yang wajib di kunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *