Membaca merupakan modal utama untuk kemajuan suatu bangsa, oleh karena itu minat baca harus ditumbuhkan pada masyarakat sejak usia dini. Taman baca masyarakat merupakan tempat yang ideal sebagai wahana bermain, belajar dan pengembangan minat baca.

Oleh karena itu, pengenalan taman baca masyarakat pada anak sejak usia dini mewacanakan bahwa menghadirkan buku pada anak-anak merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkaan minat baca pada anak-anak. Dengan tumbuhnya kebiasaan membaca ini dapat mendorong peningkatan kualitas hidup, kreatifitas, kemandirian, daya juang, dan daya saing di masa-masa yang akan datang.

Taman Baca Masyarakat dapat menjadi media dalam meningkatkan minat baca pada anak usia dini dengan melakukan beberapa kegiatan, seperti: kegiatan lomba memasak, bazar buku dan baju bekas, lomba menggambar, lomba mewarnai, membaca cerita dan mendongeng, pelatihan membaca cerita dan mendongeng untuk orang tua.

Di samping itu ada serangkaan penataan di Taman Baca Masyarakat misalnya, penambahan sarana dan prasarana, menambah buku bacaan untuk anak-anak, pengelolaan sistem pengelolaan taman baca, pengorganisasian taman baca, desain ruangan. Langkah-langkah tersebut dilakukan untuk mengundang anak-anak dan orang tua datang ke taman baca, dengan mereka datang di taman baca, mereka tahu bahwa ada banyak sumber bacaan yang menarik, dengan adanya ketertarikan mereka pada buku dan bahan bacaan lainnya diharpakan dapat mendorong anak-anak untuk gemar membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *